Uncategorized

Adakan kegiatan Sosialisasasi Jaminan Ketenagakerjaan, IPPNU NTB gandeng BPJS Ketenagakerjaan NTB

Lombok Tengah,- BPJS Ketenagakerjaan mensosialisasikan pengenalan program jaminan sosial dan ketenagakerjaan kepada siswa/i Yayasan Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Bonder, Lombok Tengah, pada hari ini, Jum’at, 13/11/2019.

Kegiatan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan ini dihadiri oleh Dr. Bq. Mulianah M.Pd.I, Rektor UNU NTB selaligus Ketua Yayasan Pondok Pesantren NU Al Mansyuriah Bonder, Eko Darwanto, Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan NTB, Sony Suharsono, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan NTB, Serta seluruh Kepala Sekolah dan Pimpinan Yayasan setempat, serta jajaran Kepengurusan IPPNU NTB.

Pengenalan program jaminan sosial dan ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan NTB ini membidik siswa/i SMK Al-Mansyuriah Bonder diupayakan sebagai bahan edukasi.

Sosialisasi jaminan sosial ketenagakerjaan ini, kami harapkan mampu memberikan pencerahan dan pandangan terhadap siswa/i yang masuk dalam katagori produktif tentang program jaminan sosial ketenagakerjaan” imbuh Habibul Umam Taqiuddin, SH.MH.

Mengingat di Kab. Lombok Tengah, gelombang pengiriman tenaga kerjanya banyak, jadi semenjak dini mereka harus di perkenalkan tentang program sosial Ketenagakerjaan, selain itu juga supaya mereka tidak khawatir bahwa bekerja di dalam Negeri pun mendapat jaminan sekaligus sebagai bagian dari advokasi ketenagakerjaan. “Sebut Habib.

Eko Darwanto selaku Dewan Pengawas BPJS Ketenaga kerjaan NTB juga menyampaikan dalam sambutanya, bahwa Program yang ada di BPJS ketenagakerjaan berupa jaminan kecelakaan kerja, tunjangan hari tua atau pensiun, serta kematian, dan kita masuk ke siswa/i ini diharapkan bisa memberikan pemahaman dalam konteks hak dan kewajiban pemuda kita nantinya ketika sudah bekerja” sebut Eko Darwanto.

Eko juga menambahkan bahwa, Adanya jaminan sosial ketenagakerjaan dari pemerintah merupakan hak semua warga Negara, hal itulah yang menjadi dasar bagi BPJS Ketenagakerjaan dan pihak yayasan mengadakan acara sosialilasi ini, karena sangat penting untuk diketahui, bahwa hal semacam ini adalah upaya pemerintah dalam melaksanakan UUD 1945, pasal 27 ayat (1).”ungkapnya.

Selain itu, Mutmainnah selaku ketua PW IPPNU  NTB, juga menyatakan bahwa, Kaderisasi Pelajar NU di NTB harus berjalan massif dan terkontrol baik secara tekstual maupun kontekstual , entah itu kaderisasi yang bersifat, formal, informal maupun non formal, sehingga dalam rangka itu, kami melaksanakan kegiatan seperti ini bekerja sama dengan pihak BPJS, ungkapnya.

Pemilihan tempat kegiatan sosialisasi ini sudah dipertimbangkan dengan matang. Kami sudah berkoordinasi dengan kepanitiaan, bahwa kami memilih SMK Al Mansyuriah Bonder sebagai tempat kegiatan sosialisasi, sebab kepanitiaan melihat terdapat potensi yang significant untuk adik-adik siswa/i SMK disini” tambah Mutmainnah. 

Sementara itu, pihak yayasan memberikan apresiasi yang besar terhadap jalanya agenda tersebut, dan menilai bahwa kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting untuk dilaksanakan agar teradapat pencerahan dan edukasi untuk dijadikan sebagai bayangan siswa/i dalam menatap masa depan mereka.

Saya berterimakasih kepada panitia pelaksana kegiatan ini, terutama kepada rekan-rekanita IPPNU NTB yang telah membawa program sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Ponpes kami, siswa/i kami akhirnya mengetahui bahwa semua pekerjaan yang nantinya mereka kerjakan mendapatkan jaminan dari pemerintah” tandas Habibul Umam Taqiuddin, SH. MH, sekretaris Yayasan.

Sebagai follow Up dari acara sosialisasi BPJS Ketenaga kerjaan ini, pihak Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan NTB memfasilitasi pembuatan 200 kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi wali murid dan guru secara gratis. Guna melindungi hak-hak masyarakat, maka pembuatan 200 kartu BPJS Ketenaga Kerjaan secara gratis akan di proses di kantor Cabang, dan sebagai bentuk simbolis maka, di serahkan sebanyak 5 kartu saja. Dengan bersedianya BPJS Ketenaga Kerjaan NTB memberikan 200 kartu tersebut, pihak IPPNU NTB dan Yayasan berharap bahwa itu semua bisa berguna untuk jaminan dan memberikan rasa perlindungan kepada yang diberikan. (*Ryn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close