Uncategorized

IPNU-IPPNU Komisariat Nurul Ulum Peringati Hari Guru Nasional 2019

Mertak Tombok. NU Online Lombok Tengah,- Pengurus IPNU – IPPNU Komisariat Nurul Ulum Pondok Pesantren “Nurul Ulum” Mertak Tombok Praya Lombok Tengah memperingati Hari Guru Nasional 2019 bersama seluruh Siswa siswi dan Dewan guru. Kegiatan peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 dilaksanakan secara sederhana dengan memberikan kue kepada bapak ibu dewan guru sebagai rasa syukur dan terimakasih tiada terhingga kepada seluruh guru-guru yang setia mendidik para siswa sampai saat ini. “acara ini kami lakukan sederhana, dengan membagikan kue kepada semua guru sebagai bentuk cinta dan rasa syukur kami kepada pahlawan-pahlawan kami yang tak pernah letih membimbing dan mendidik kami sampai saat ini.” Ucap BQ. Nila Rahma Putri selaku Ketua IPPNU Komisariat Nurul Ulum.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin (25/11/2019) setelah selesei dilaksanakannya Apel pengibaran bendera yang rutin dilaksanakan di madrasah. “kami awali acara tadi dengan upacara bendera yang sudah menjadi rutinitas, dan kami buatkan surprise dengan acara hari guru, sebelumnya tidak ada yang tahu acara tersebut”. Tambah BQ. Nila Rahma Putri

Hari Guru Nasional telah dicetuskan sejak tahun 1994 sesuai dengan keputusan presiden. Berdasarkan keppres Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, sehingga tanggal 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan diperingatai bersamaan dengan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dan menjadi kegiatan yang selalu diperingati secara serentak diseluruh Indonesia.

Sebelumnya ditetapkannya Hari Guru Nasional pada 25 November 2019 merupakan penggabungan peringatan awal mula terbentuknya PGRI yang juga terbentuk pada 25 November 1945 oleh Rh. Koesnan, Djajeng Soeganti, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, dan Abdullah Noerbambang.  Sebelum menjadi persatuan para guru, perkumpulan ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB)

Peringatan Hari Guru Nasional adalah bentuk penghargaan terhadap guru disetiap tanggal 25 November yang selalu dilaksanakan di sekolah dan madrasah. Peringatan tersebut juga merupakan ucapan terimakasih atas jasa para guru dalam mendidik peserta didik sehingga tercapainya tujuan pendidikan di Indonesia. “memperingati hari guru nasional berarti kalian cinta terhadap guru-guru dan mengenang setaip jasa yang sudah dilakukan guru-guru kalian”. Terang Amrillah S.Pd.I selaku Wakamad MA Nurul Ulum

“kegiatan seperti ini juga sebagai pelestarian sejarah adanya hari guru Nasional, sehingga semua orang akan selalu ingat pelaksanaannya. Ini juga bagian dari penanaman Nasionalisme kepada anak didik kita”. Ungkap Amrillah salah satu Guru Sejarah MA Nurul Ulum.

Selanjutnya peringatan hari guru Nasional sebagai ajang introspeksi dan evaluasi bagi guru terhadap melaksanakan tugas dan kewajiban di madrasah atau sekolah. “tentu kegiatan seperti ini walau sederhana tapi bermakna luas”. Ucap Syamsul Hadi S.Pd.I Kepala MTS Nurul Ulum. Selanjutnya disetiap hari-hari Besar Nasional akan terus dilakukan di pondok pesantren Nurul Ulum Mertak Tombok. “inilah cara kami bersyukur dengan mengingat dan membuat kegiatan”. Tambah Syamsul Hadi

Acara tersebut berjalan lancar dan penuh khidmat sehingga diantara beberapa siswa siswi terharu dan bergelimang suka duka ketika memberikan seopotong kue sebagai symbol peringatan. “saya sedih ketika mengikuti acara, karena teringat akan kebesaran hati para guru-guru saya di Ponpes Nurul Ulum mertak Tombok yang denga ihlas dan sabra mengarahkan kami dan menegur kami jika salah. Dan itu tak bisa kami balas dengan apapun, itu yang membuat kami sedih”. Ucap Nurjannah salah satu siswi akhir MA Nurul Ulum sambal meneteskan Air mata. (*Mie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close