Amaliyah NahdliyyahLembagaMWC NU Pandan Indah

Menilik tradisi maulid Nabi di Pandan Indah

Sebagai wujud kecintaan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW Pagi ini kamis (31/10/19)masyarakat berbondong-bondong menghadiri undangan maulid Nabi besar Muhammad SAW yang berlokasi di Dusun Rege, Desa Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat daya, Kabupaten Lombok Tengah.

Dusun Rege menjadi Dusun pertama yang merayakan Maulid Nabi di Pandan Indah, dalam kegiatan ini sudah tersebar undangan(pesila’)di setiap Dusun yang ada di Pandan Indah bahkan undangan sampai ke Desa tetangga.

Ada tradisi unik dalam perayaan maulid Nabi di Pandan Indah dimana setiap undangan yang hadir dalam maulid Nabi sudah di siapkan makanan ringan (Dulang) sebagai makanan pembuka sebelum kegiatan inti di laksanakan, kemudian diberikan rokok sama-sama satu bungkus beserta korek api sebagai pelengkap.

Selang beberapa waktu kemudian di ganti dengan makanan yang lain seperti nasi beserta lauk pauk yang lengkap yang sudah disiapkan oleh masyarakat sebelum pengajian umum di mulai.

Kegiatan maulid Nabi biasanya tokoh Agama di masing-masing Dusun mengundang para kiyai dan Tuan Guru yang akan memberikan tausiah dan pengajian umum bagi masyarakat dan tamu undangan yang hadir.

Kegiatan maulid Nabi di Rege kali ini rencananya akan mengundang Tuan Guru Haji Abdussalam, BA dan TGH.Abdul Kahir sebagai penceramah pada maulid Nabi kali ini.

Dalam maulid Nabi ini di buka lansung oleh Sahabat Hamdi selaku penasehat yayasan Baiturrahim sekaligus sebagai ketua Tanfidziah Ranting NU Pandan Indah, dalam sambutannya menyampaikan “maulid Nabi kali ini menjadi maulid pembuka di Pandan Indah dan kehadiran kita semua ini menjadi bukti kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW.”ungkapnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button
Close
Close