HeadlineLembagaLP Maarif NU Loteng

MTs. Fajrul Hidayah Al-Ma’arif NU Batujai Gelorakan Tahsin dan Tahfidz al-Qur’an

BATUJAI LOMBOK NTB – Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Fajrul Hidayah al-Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Batujai Praya Barat Lombok Tengah NTB telah berkomitmen sejak diadakan Rapat Dewan Guru (29/12) akhir tahun 2019 menggeliatkan program Tahsin (belajar baca al-Qur’an dengan baik sesuai ilmu Tajwid) dan Tahfidz (menghafal) al-Qur’an di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Fajrul Hidayah.

Program ini telah dimulai sejak masuknya tahun baru semester genap (6/1) 2020. Program ini dirancang karena dilatari oleh sebagian peserta didik yang masih belum dapat membaca al-Qur’an dengan baik. Walaupun hal ini, jika dilihat dari latar belakangnya dapat dimaklumi karena sebagian mereka berangkat dari pendidikan umum dan belum belajar maksimal di lingkungan mereka.

Wakil Kepala bagian kesiswaan Lalu Ahmad Dinuri, S.Pd mengatakan fenomena tidak bisa baca al-Qur’an ini sungguh sangat ironi. Sebab bagaimana mungkin mereka semua terlahir dari keluarga beragama Islam belum bisa al-Qur’an, bahkan ada tidak sama sekali.

“Ini bisa jadi dosa sosial”, tegasnya.

Sejalan dengan semangat tersebut, Kepala MTs. Fajrul Hidayah al-Ma’arif NU Batujai Muhammad Fadli, S.Pd mengatakan telah melakukan upaya bertahap dalam melaksanakan program ini. Pertama, Tes baca al-Qur’an. Kedua, Rapat Dewan Guru. Ketiga, uji kompetensi lagi, Keempat, pengelompokan masing-masing peserta didik dengan mereka yang memiliki kompetensi yang hampir rata-rata sama, mulai yang tidak bisa baca, kurang bisa, sampai yang bisa. Kelima, masing-masing kelompok tersebut dibuat kelompok Tahsin dan Tahfidz al-Qur’an. Masing-masing kelompok tersebut dibina oleh Guru yang sudah disepakati saat Rapat Dewan Guru bulan lalu dan sudah diberikan jadwal masing-masing.

“Ikhtiar ini mudah-mudahan mendapatkan hasil yang maksimal dan tentunya mendapat ridho Allah SWT”, pungkasnya.

Editor : Mustapa Kamal tgeng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close