Uncategorized

Muslimat NU, Fatayat NU, Korps PMII Putri & IPPNU Helat Seminar Fiqhunnisa’

Praya.NUOnlineLombokTengah- Gabungan Banom NU Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lombok Tengah menggelar Seminar Fiqhunnisa’ (Fiqh Haid, Nifas dan Istihadhoh) dengan tema Menuju Satu Abad Nahdlatul Ulama dalam rangkaian kegiatan peringatan Harlah NU ke-94 oleh PCNU Loteng. (Sabtu/08/02/2020)

Acara tersebut digelar di Aula Pendopo Wakil Bupati Lombok Tengah yang dimulai pada pukul 08.00 wita sampai 16.00 wita.
Dalam pelaksanaannya, PCNU Loteng memberikan tanggung jawab kepada Pengurus Cabang Muslimat NU, Fatayat NU, Korps PMII Putri dan IPPNU sebagai pelaksana.

Peserta yang hadir pada kegiatan tersebut terdiri dari peserta umum dan pelajar NU kurang lebih sebanyak 234 orang dari berbagai unsur pengurus anak cabang dan pondok – pondok Pesantren NU.

Tampak antusias peserta seminar

Berikutnya acara dilaksanakan sehari dengan sistem presentasi dan dialog yang lansung di bimbing oleh KH. Nur Hasyim S. Anam dari Jawa Timur.

Ketua Panitia Pelaksana Bq. Suriani mengatakan acara ini dilaksanakan dengan tujuan agar para peserta dapat memahami secara seksama permasalahan kaum wanita. “Tujuan acara ini untuk memberikan pemahaman tentang permasalahan haid, nifas dan istihadhoh yang dialami perempuan”. Tutur beliau

“Kegiatan ini juga tidak hanya di ikuti oleh peserta perempuan, tetapi juga ada peserta laki-laki. Ini membuktikan pentingnya pemahaman tentang haid, nifas dan istihadhoh agar sesuai dengan hukum fiqih”. Tambah ketua PC Fatayat NU Loteng

Dalam pemaparannya KH. Nur Hasyim S. Anam menjelaskan secara detail tentang hukum fiqh, dan menjawab permasalahan perempuan pada saat dialog. “Ketika sholat kalau ada yang keluar namun belum yakin, sholatnya tidak batal, akan tetapi jika yakin ada sesuatu yg keluar maka solatnya batal”. Salah satu percikan pemaparan narasumber di sela-sela dialog.

Salah satu siswi sedang mengajukan pertanyaan kepada Narasumber

Selanjutnya kedepan kegiatan seperti ini akan dilaksanakan kembali untuk terus memberikan ilmu dan hukum fiqh yang berkaitan dengan haid, nifas dan istihadoh.
“Alhamdulillah kami bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini, peserta banyak tidak sangka dan diskusi hidup. Kedepan kami akan terus memprogramkan kegiatan seminar ini agar bisa dilaksanakan kembali. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan oleh peserta”. Terang Ketua Panitia Bq. Suriani

Sementara PCNU selaku penanggung jawab penuh kegiatan juga berharap kegiatan terus berlanjut dilain kesempatan dan mengapresiasi kinerja kepanitiaan serta mendukung untuk diprogramkan ke depan.

“Terimakasih kepada panitia pelaksana yang sudah sukses menghelat acara ini, dan kami apresiasi itu. Selanjutnya PCNU mendukung penuh kegiatan ini akan dilaksanakan kembalu pada kesempatan yang berbeda”. Ungkap Drs. L. Rupawan Jhoni selaku Sekretaris PCNU Loteng. (Mie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close