Uncategorized

Wakil Ro’is Syuriah PCNU Loteng Haflah dan Tahsinul Qiro’ah di Ponpes Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo

Situbondo. NU Online Lombok Tengah – Wakil Ro’is Syuriah PCNU Loteng TGH. Sabaruddin Abdurrahman M.Pd memberikan bimbingan Tahsinul Qiro’ah kepada Santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Situbondo Jawa Timur (10-11/01/2020).

Tahsinul Qiro’ah yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo atau yang lebih dikenal dengan sebutan (P2S3) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Jam’iyatul Qurro wal Huffadz (JQK). Dalam rangka mengasah bakat para santri yang memiliki kemampuan melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dengan indah.

Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk terus memperdalam dan mengembangkan kemampuan qori’ dan qori’ah agar mampu bersaing di dunia Internasional dalam bidang bacaan Al-Qur’an. Sehingga rutin dilaksanakan dengan mendatangkan Qori’ – Qori’ah Nasional maupun Internasional.

“Tahsinul Qiro’ah rutin kami laksanakan untuk terus menjaga kemampuan santri melantunkan Al-Qur’an dan mengembangkan. Sehingga kami harus mendatangkan Qori’ – Qori’ internasional untuk membimbing mereka”. Terang Ust. Hasanah selaku ketua JQK P2S3

“Untuk kesempatan kali ini, kami mengundang kembali TGH. Sabarudin Abdurrahman dari Lombok untuk mengisi. Beliau setiap tahun pasti ke pondok untuk membimbing para santri”. Tambah Ust. Hasanah

Dalam acara tersebut dilaksanakan selama 2 hari dengan pembagian sehari untuk Santri Putra dan sehari lagi untuk santri Putri.
Namun ada yang berbeda dari sebelumnya, kegiatan tersebut dibarengi dengan Haflah Lailatul Qiro’ah yang di isi oleh para Alumni P2S3 yang sudah sukses dikancah Nasional.

Di sela-sela bimbingan Tahsinul Qiro’ahnya, TGH. Sabaruddin Ar berpesan kepada para santri yang menjadi peserta untuk menjaga kesantrian dan ihlas menuntut ilmu. “Kalian harus jaga diri sebagai santri baik dalam bertingkah laku maupun berpenampilan agar tidak sama dengan yang bukan santri. Dan juga ihlas menjadi santri, insya allah akan mendapat ilmu barokah” pesan TGH. Sabarudin Ar dihadapan peserta .

Beliau juga berpesan agar para santri melaksanakan dawuh – dawuh Almarhumain terutama dalam menjalankan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Saya berpesan kepada kalian semua para santri maupun yang akan berhenti mondok agar menjaga, merawat dan mengurusi NU. Agar tidak menjadi NU abu-abu”. Ungkap Wakil Ro’is Syuriah PCNU Loteng tersebut.

Mengingat dawuh KHR. As’ad Syamsul Arifin selaku mediator berdirinya NU bahwa “Santri Sukorejo jangan keluar dari NU, jika keluar dari NU jangan harap berkumpul dengan saya di akhirat”. Begitulah dawuh beliau kepada para santri dan alumni dan harus dilaksanakan oleh santri Sukorejo saat ini. “Jika kalian tetap ingin dianggap santri beliau, maka laksanakan dawuh beliau, agar bisa bersama beliau kelak dan selalu dalam barisan beliau”. Terang TGH. Sabarudin Ar.

Alm KHR. As’ad Syamsul Arifin juga berpesan bahwa “NU itu jadikan istri, biayai NU dari kantongmu sendiri”. “Inilah yang sangat penting untuk kalian laksanakan, melaksanakan dawuh beliau maka itulah ikhlas dalam menuntut ilmu, santri yang teladan”. Tambah Pembina JQK Lombok tersebut.

Mengingat akhir – akhir ini banyaknya faham radikalisme masuk di Indonesia yang ingin merongrong NKRI. Maka NU harus dijaga dan dikembangkan untuk menepis ajaran-ajaran radikal berkembang di Indonesia. “Jangan jadi NU abu-abu”. Pesan TGH. Sabarudin Ar.

Acara Haflah Lailatul Qiro’ah keynote speaker utamanya tentu TGH. Sabarudin Abdurrahman M.Pd dihadapan ribuan alumni dan santri P2S3 serta Pengasuh Pesantren KHR. Ach. Azaim Ibrahimy.

Acara haflah menjadi puncak acara Tahsinul Qiro’ah dalam rangka Haul Majemuk Almarhumain P2S3. Dimulai bakda isya’ dengan diikuti sampai selesei oleh Pengasuh Pesantren KHR. Ach. Azaim Ibrahimy (cucu KHR. As’ad Syamsul Arifin).

Haflah berjalan dengan khidmah dengan lantunan indah para Qori’ – Qori’ internasional yang tampil satu per satu dari berbagai daerah dan kota. Sebagai pemungkas diakhiri oleh qori’ internasional TGH. Sabarudin Abdurrahman M.Pd yang membuat para hadirin terbengong menikmati suara indah beliau dengan variasi-variasi unik sehingga membuat para santri dan alumni tercengang dengan bacaan tersebut. (Mie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close