HeadlineLTN NU Loteng

Pengumuman Workshop MARIDINU I LTN NU Lombok Tengah

Madrasah-Literasi-Digital-NU-MARIDINU-LTN-NU-LotengTren peningkatan penggunaan internet dan media sosial tahun 2019 di Indonesia sangat Signifikan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Tahun 2019 ini, pengguna Internet yang aktif naik 13 persen dari tahun 2018 yang berjumlah 150 juta orang atau tau sekitar 17 juta orang. Begitu halnya dengan Pengguna Media Sosial Aktif. Mereka juga mengalami kenaikan 15 persen dari tahun 2018 yang berjumlah 130 juta menjadi 150 juta tahun 2019.

Yang menarik juga dicermati, para user rata-rata menghabiskan 8 jam 36 menit untuk mengakses internet setiap hari. Sementara mengakses Media Sosial mereka menghabiskan waktu paling tidak 3 jam perhari. Hal yang sama juga terjadi pada waktu penggunaan internet untuk broadcast, nonton video dan mendengarkan musik.

Perubahan tren penggunaan komunikasi melalui media digital ini menjadikan segala jenis pekerjaan dan aktifitas terdistrupsi pelan tapi pasti. Terjadi perubahan kebiasaan masyarakat, yang semula aktif berkomunikasi secara konvensional melalui perjumpaan menjadi hanya saling sapa melalui media sesial.

Fakta ini tentu bagi organisasi Nahdlatul Ulama tentu saja harus difikirkan lebih jeli. Karena menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) melalui exit poll pada 2013 saja merilis data bahwa dari 249 juta penduduk Indonesia yang mempunyai hak pilih, sekitar 36 persen atau 91,2 juta di antaranya mengaku sebagai warga NU.

Walaupun belum begitu valid yterkait jumlah Warga NU di Indonesia, tetapi jumlah yang dipastikan puluhan juta orang itu sangat berpotensi besar untuk ikut melahirkan konten-konten positif di Internet khususnya media sosial.

Perkembangan berita HOAX terutama di pemilu 2019 lalu, memberi peran yang signifikan oleh warga NU untuk melawannya dan menyebarkan syiar Ahlususunnah Wal Jama’ah. Sementara itu, jika melihat kuantitas. Jumlah Generasi Muda Nahdlatul Ulama yang minat bergiat di dunia konten digital ini sangatlah minim.

Dipersempit lagi di Nusa Tenggara Barat, arus utama pengisi konten media di NTB ini masih dikuasai oleh kelompok-kelompok yang bukan NU. Padahal, kita tahu infiltrasi faham-faham keagamaan khususnya kepada anak milenial diperoleh dari sini, dan diantara mereka itu ada kaum muda NU baik yang masih di sekolah maupun yang senang kuliah.

Karena itu, Lembaga ta’lif Wan Nasyr (LTN) Nahdlatul Ulama (NU) PCNU Lombok Tengah sebagai Media Publikasi dan Informasi Nahdlatul Ulama merasa berkewajiban untuk memperkuat gerakan ini dengan mengadakan workshop sistematis bernama “Madrasah Literasi Digital Nahdlatul Ulama” yang disingkat dengan MARI DI NU.

TENTANG MARIDINU

Madrasah Literasi Digital NU (MARIDINU) adalah program yang akan dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan Madrasah Literasi Digital Tahap I, II dan III.

Madrasah Literasi Digital Tahap I akan memperkaya wawasan awal tentang pentingnya IT dan materi menulis kreatif dilingkungan kaum Muda Nahdlatul Ulama. Kemudian MARIDINU tahap II memperdalam wawasan Fotografi-Videografi. Tahap II memperdalam wawsan Desain Grafis dan web desain.

NAMA KEGIATAN :

Madrasah Literasi Digital I

MATERI-MATERI MARIDINU I:
1. Penulisan Berita Online
2. Penulisan Gaya Peatures
3. Tekhnik wawancara
4. Tekhnik Dasar Pengambilan Gambar untuk News
5. Praktik liputan
6. Praktik posting berita di Website nulomboktengah.or.id

JUMLAH PESERTA : 30 Orang

FASILITAS YANG DIDAPATKAN PESERTA :
1. Goody Bag
2. Alat Tulis
3. Gratis WIFI selama pelatihan
4. Konsumsi (Snack dan Makan) selama pelatihan
5. Sertifikat Lulus MLD

NARSUMBER :
1. Abdul Latif Apriaman (Wartawan Kompas)
2. Turmudzi (Redaktur Pelaksana Qolama.com)
3. Ahmad Jumaili (Ketua LTN NU Loteng)

SYARAT TEKHNIS PESERTA (Wajib)
1. Mengisi Formulir Pendaftaran (Bisa Online/ Bisa Offline)
Mengirimkan tulisan baik berupa Artikel/ Berita/ Profil Naratif Tokoh/ Profil Naratif Pesantren/ Profil Masjid/ Makam atau tempat-tempat bersejarah. Tulisan langsung di Upload di Website atau kirim ke email: ltnnuloteng@gmail.com
Membayar uang pendaftaran Rp.100.000
2. Wajib Bawa Laptop
3. Wajib bawa colokan
4. Membawa perlengkapan Shalat dan Tidur

WAKTU :

Pendaftaran Mulai : 5 September 2019
Penutupan Pendaftaran : 25 September 2019
Pelaksanaan Kegiatan : Sabtu-Minggu, 27-28 September 2019

TEMPAT KEGIATAN:
Kantor PCNU Lombok Tengah Jl. WR. Surpratman 25 Kampung Jawa, Praya, Lombok Tengah

NARAHUBUNG  :  082339993330 (WA/Telegram) atau 087851927682 (WA/Telegram)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close